Monday, 1 February 2016

KISI-KISI SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER 1
BAHASA JAWA (2015-2016)

Kelas   : VII (Tujuh)
Nama : Nurani Handayani, S.Pd.
Jumlah soal     : 45
Pilihan ganda : 40
Uraian              : 5


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
NOMOR SOAL
Pilihan Ganda
Uraian
1. Memahami wacana lisan sastra dalam kerangka budaya Jawa
1.1.   Menanggapi geguritan  tradisi gotong royong di lingkungan tempat tinggal.
Ø Mengartikan pengertian geguritan

Ø Mengartikan kata dan membuat kalimat pocapan/ lafal seperti (dadi lan dhadha
1


8, 36, 37,

1.2.   Menanggapi geguritan tradisi gotong royong di lingkungan sekolah.
Ø Teges (arti kata)dalam geguritan

Ø Macam-macam purwakanthi


1.3.   Menanggapi Parikan
Ø Unsur parikan (isi dan sampiran) isi parikan
Ø Purwakanthi dalam parikan
13, 17, 30, 31, 40

23, 24,

1.4.   Menanggapi Cangkriman
Ø Pengertian cangkriman
Ø Jenis-jenis cangkriman (irib-iriban, wancahan, blenderan, tembang)

16, 25, 26, 27, 39

2.      Mengungkapkan gagasan ragam wacana lisan sastra dalam kerangka budaya Jawa
2.1.    Bercerita pengalaman bergotong royong di lingkungan tempat tinggal sesuai dengan unggah-ungguh.
Ø Purwakanthi dalam geguritan (purwakanthi swara, sastra, basa)
Ø basa ngoko lugu dan ngoko alus
3, 5, 12, 33

18, 19, 20, 21, 22,


45
2.2.   Bercerita pengalaman bergotong royong di lingkungan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh berbentuk geguritan.
Ø Manfaat gotong royong
Ø sifat baik dalam gotong royong seperti ikhlas, dll

6, 32
2

2.3.   Menanggapi tradisi bergotong royong di lingkungan sekolah dalam bentuk pembacaan geguritan.
Ø unsur dalam geguritan ada gatra (larik), pada (bait)
7

2.4.   Melagukan tembang Asmarandana
Ø Macam-macam tembang
Ø Unsur dalam tembang ( guru lagu, guru wilangan dan guru gatra)


2.5.   Mengungkapkan dan menanggapi parikan.
Ø Jenis parikan (kenalan, larangan, pitutur, dll)
Ø Rumus parikan
14, 28, 35,

15

2.6.   Mengungkapkan dan menanggapi cangkriman
Ø Lirik Lagu gugur gunung



3.         Memahami wacana tulis sastra dalam kerangka budaya Jawa.
3.1. Membaca geguritan tradisi gotong royong di lingkungan tempat tinggal.
Ø Membaca geguritan dengan 4 W (wirasa, wiraga, wirama, wicara)
9, 10, 11

3.2. Membaca geguritan tradisi gotong  royong di lingkungan sekolah.
Ø Isi geguritan sekolah


3.3. Membaca dan menanggapi cangkriman.
Ø Membaca macam-macam cangkriman


3.4. Membaca dan menanggapi parikan.
Ø Basa endah dalam parikanz


3.5. Melagukan tembang dolanan
Ø Menulis kalimat beraksara Jawa



4.         Mengungkapkan gagasan wacana tulis sastra dalam kerangka budaya Jawa.

4.1.    Menulis cerita atau pengalaman bergotong royong di lingkungan tempat tinggal dalam bentuk geguritan.
Ø Menulis geguritan tentang gotong royong
Ø Carane gawe geguritan





41
4.2.   Menulis cerita atau pengalaman
       bergotong royong di lingkungan sekolah dalam bentuk geguritan.
Ø Menulis cerita gotong royong

Ø Menulis aksara Jawa


29, 34, 38


45
4.3.   Menulis cangkriman.
Ø Membuat cangkriman

43
4.4.   Menulis parikan.
Ø Membuat parikan

42

                                                                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Jawa


                                                                                                                        Nurani Handayani
NBM. 1132 333


No comments:

Post a Comment