KISI-KISI
SOAL UJIAN AKHIR
SEMESTER 1
BAHASA
JAWA (2015-2016)
Kelas : VII (Tujuh)
Nama : Nurani Handayani, S.Pd.
|
Jumlah soal
: 45
Pilihan ganda : 40
Uraian : 5
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
NOMOR SOAL
|
|
Pilihan
Ganda
|
Uraian
|
|||
1. Memahami wacana lisan sastra dalam kerangka budaya
Jawa
|
1.1.
Menanggapi
geguritan tradisi gotong royong di
lingkungan tempat tinggal.
|
Ø Mengartikan
pengertian
geguritan
Ø Mengartikan
kata dan membuat kalimat pocapan/ lafal seperti (dadi lan dhadha
|
1
8, 36, 37,
|
|
1.2.
Menanggapi
geguritan tradisi gotong royong di lingkungan sekolah.
|
Ø Teges (arti
kata)dalam geguritan
Ø Macam-macam
purwakanthi
|
|
|
|
1.3.
Menanggapi Parikan
|
Ø Unsur
parikan (isi dan sampiran) isi
parikan
Ø Purwakanthi
dalam parikan
|
13, 17, 30, 31, 40
23, 24,
|
|
|
1.4.
Menanggapi
Cangkriman
|
Ø Pengertian
cangkriman
Ø Jenis-jenis
cangkriman (irib-iriban, wancahan,
blenderan, tembang)
|
16, 25, 26, 27, 39
|
|
|
2. Mengungkapkan gagasan ragam wacana lisan sastra dalam
kerangka budaya Jawa
|
2.1.
Bercerita pengalaman bergotong royong di
lingkungan tempat tinggal sesuai dengan unggah-ungguh.
|
Ø Purwakanthi
dalam geguritan (purwakanthi swara,
sastra, basa)
Ø basa
ngoko lugu dan ngoko alus
|
3, 5, 12, 33
18, 19, 20, 21, 22,
|
45
|
2.2.
Bercerita
pengalaman bergotong royong di lingkungan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh
berbentuk geguritan.
|
Ø Manfaat
gotong royong
Ø sifat baik
dalam gotong royong seperti ikhlas, dll
|
6, 32
2
|
|
|
2.3.
Menanggapi tradisi bergotong royong di lingkungan
sekolah dalam bentuk pembacaan geguritan.
|
Ø unsur dalam
geguritan ada gatra (larik), pada (bait)
|
7
|
|
|
2.4. Melagukan tembang Asmarandana
|
Ø Macam-macam
tembang
Ø Unsur
dalam tembang ( guru lagu, guru
wilangan dan guru gatra)
|
|
|
|
2.5. Mengungkapkan dan menanggapi parikan.
|
Ø Jenis
parikan (kenalan, larangan, pitutur,
dll)
Ø Rumus
parikan
|
14, 28, 35,
15
|
|
|
2.6.
Mengungkapkan
dan menanggapi cangkriman
|
Ø Lirik Lagu
gugur gunung
|
|
|
|
3.
Memahami
wacana tulis sastra dalam kerangka budaya Jawa.
|
3.1. Membaca geguritan tradisi
gotong royong di lingkungan tempat tinggal.
|
Ø Membaca
geguritan dengan 4 W (wirasa, wiraga,
wirama, wicara)
|
9, 10, 11
|
|
3.2. Membaca geguritan tradisi gotong royong di lingkungan sekolah.
|
Ø Isi
geguritan sekolah
|
|
|
|
3.3. Membaca dan menanggapi cangkriman.
|
Ø Membaca
macam-macam cangkriman
|
|
|
|
3.4. Membaca dan menanggapi parikan.
|
Ø Basa
endah dalam parikanz
|
|
|
|
3.5. Melagukan tembang dolanan
|
Ø Menulis
kalimat beraksara Jawa
|
|
|
|
4.
Mengungkapkan
gagasan wacana tulis sastra dalam kerangka budaya Jawa.
|
4.1.
Menulis cerita atau pengalaman bergotong
royong di lingkungan tempat tinggal dalam bentuk geguritan.
|
Ø Menulis
geguritan tentang gotong royong
Ø Carane gawe geguritan
|
|
41
|
4.2.
Menulis
cerita atau pengalaman
bergotong royong di
lingkungan sekolah dalam bentuk geguritan.
|
Ø Menulis
cerita gotong royong
Ø Menulis
aksara Jawa
|
29, 34, 38
|
45
|
|
4.3.
Menulis cangkriman.
|
Ø Membuat
cangkriman
|
|
43
|
|
4.4. Menulis parikan.
|
Ø Membuat
parikan
|
|
42
|
Guru Mata Pelajaran
Bahasa Jawa
Nurani Handayani
NBM. 1132 333
No comments:
Post a Comment