RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)
Satuan
Pendidikan : SMP
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa
Jawa
Kelas/Semester
: VII / 2 (Genap)
Alokasi Waktu : 2 Jam
pelajaran
A.
Standar
Kompetensi
5. Memahami
wacana lisan non sastra dalam kerangka budaya Jawa.
B.
Kompetensi
dasar
5.1 Menanggapi wacana tatakrama berjalan
C.
Indikator
1. Menyebutkan tata krama berjalan di jalan raya, berjalan di depan orang lain
dan mendahului orang lain
2. Menyebutkan manfaat dengan bertata krama di jalan
3. Mempraktekkan tata krama berjalan
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai pembelajaran melalui diskusi, peserta didik
mampu:
1. Menyebutkan tata krama berjalan di jalan raya, berjalan di depan orang lain
dan mendahului orang lain
2. Menyebutkan manfaat dengan bertata krama di jalan
3. Mempraktekkan tata krama berjalan
E.
Materi Pelajaran
Tata krama mlaku
F.
Metode
Pembelajaran
Metode
: Demonstrasi
G.
Pendidikan
Karakter : Disiplin, sopan-santun,
saling menghormati
H.
Kegiatan
Belajar Mengajar :
No
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
|
1
|
1.
Kegiatan Awal
|
|
|
|
·
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran saat itu.
|
10 menit
|
|
|
2.
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
-
Peserta didik menyimak teks yang dibacakan guru
mengenai tata krama
-
Guru memotivasi peserta didik mempraktekkan tata krama
dengan guru di kelas
b. Elaborasi
1) Menanggapi teks tata krama
yang dibacakan.
2) Bartanya jawab mengenai teks tata krama yang dibacakan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
3) guru memutarkan video
mengenai tata krama berjalan, siswa mengamati dan menuliskan tata krama orang
berjalan
4) siswa menentukan manfaat
tata krama berjalan
c.
Konfirmasi
1)
Peserta didik memberikan
jawaban dari pertanyaan-pertanyaan, untuk menuliskan di depan
2)
Peserta didik yang lain
mencocokkan hasil kerjanya
|
60 menit
|
|
|
3. Penutup
Kesimpulan Materi
|
10 menit
|
I.
Sumber Belajar
1.
Sumber :
· Warih
Jatirahayu. 2012. Wasitatama. Yogyakarta.
Yudhistira
· Marsono,
dkk. 2010. Kaloka Basa 1. Surakarta:
Bios offset.
· Poerwadarminta,
W.J.S. 1939. Baoesastra Djawa.
Groningen, Batavia: J.B. Wolters Uitgevers Maatschappij
·
Diktat
, LKS
2.
Media :
Majalah Djaka Lodhang, video tata krama, LCD,
Proyektor, Papan tulis, Alat tulis, CD
J.
Penilaian
Hasil Belajar
1. Kisi-kisi
Indikator
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
1.
Mampu menanggapi wacana tatakrama berjalan bersama di jalan raya.
2.
Mampu menanggapi wacana tatakrama berjalan di depan orang lain.
3.
Mampu menanggapi wacana tatakrama berjalan mendahului arang lain
|
Tes lisan
Non Tes
Penilaian unjuk kerja
|
Uraian
Performance
|
1.
Kepriye tatakramane mlaku bareng dalan
gedhe.
2.
Kepriye tatakramane mlaku ing
sangarepe wong liya.
3.
Kepriye tatakramane mlaku ngliwati
wong liya
|
2. Kunci Jawaban
1.
Tata kramane wong mlaku nang dalan gedhe yaiku ora mlaku
bebarengan, menawi jejer sing kakung sisih tengene sing putri, ora gojegan.
2. Tata kramane wong mlaku ing sangarepe wong
liyo yaiku matur “dherek langkung”
3. Tata kramane
wong mlaku ngliwati wong liyo matur “nyuwun ngapunten ngrumiyini”
3.
Pedoman
Penilaian
Soal nomor 1 skor maksimal 10
Soal nomor 2 skor maksimal 5
Soal nomor 3 skor maksimal 5
Jumlah skor
ideal 20
NILAI AKHIR = Perolehan Skor X
Skor (100) Ideal = .....
Skor Maksimum (20)
Yogyakarta, 27
Juli 2015
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Pelajaran Bahasa Jawa
..................................... ......................................
NIP. ............................................. NBM. ......................
No comments:
Post a Comment