INSTRUMEN
PENGAWASAN DAN EVALUASI PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN
|
Aspek
yang Diamati
|
kondisi
|
Skor nilai
|
|||||
Ya
|
Tidak
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
Kegiatan Pendahuluan
|
|||||||
Apersepsi dan Motivasi
|
|||||||
1
|
Menyiapkan
fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam
|
||||||
2
|
Mengaitkan materi dengan materi
pembelajaran sebelumnya
|
||||||
3
|
Mengajukan
pertanyaan menantang untuk memotivasi
|
||||||
4
|
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait
dengan materi pembelajaran
|
||||||
5
|
Menyampaikan
manfaat materi pembelajaran
|
||||||
Penyampaian kompetensi dan rencana
kegiatan
|
|||||||
1
|
Menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai peserta didik
|
||||||
2
|
Menyampaikan
rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan
observasi.
|
||||||
Kegiatan Inti
|
|||||||
Penguasaan
materi pembelajaran
|
|||||||
1
|
Kemampuan menyesuaikan materi
dengan tujuan pembelajaran.
|
||||||
2
|
Kemampuan mengkaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.
|
||||||
3
|
Menyajikan pembahasan materi pembelajaran dengan tepat.
|
||||||
4
|
Menyajikan materi secara sistematis
(mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
||||||
Penerapan strategi
pembelajaran yang mendidik
|
|||||||
1
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai
|
||||||
2
|
Melaksanakan pembelajaran secara
runtut
|
||||||
3
|
Menguasai kelas
|
||||||
4
|
Melaksanakan pembelajaran yang
menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan
|
||||||
5
|
Melaksanakan pembelajaran yang
menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat
|
||||||
6
|
Melaksanakan pembelajaran yang
mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar
|
||||||
7
|
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
||||||
8
|
Melaksanakan pembelajaran yang
memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)
|
||||||
9
|
Melaksanakan pembelajaran sesuai
dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
||||||
Penerapan Pendekatan Saintifik
|
|||||||
1
|
Memfasilitasi
dan menyajikan kegiatan peserta didik
untuk mengamati
|
||||||
2
|
Memancing
peserta didik untuk bertanya apa,
mengapa dan bagaimana
|
||||||
3
|
Menfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi
|
||||||
4
|
Memfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan
informasi yang dikumpulkan
|
||||||
5
|
Menfasilitasi
dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan
pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya
|
||||||
Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
|||||||
1
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan sumber belajar
bervariasi
|
||||||
2
|
Menunjukkan
keterampilan dalam penggunaan media
pembelajaran
|
||||||
3
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan sumber
belajar
|
||||||
4
|
Melibatkan
peserta didik dalam pemanfaatan media pembelajaran
|
||||||
5
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
||||||
Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran
|
|||||||
1
|
Melaksanakan Penilaian Sikap
|
||||||
2
|
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan
|
||||||
3
|
Melaksanakan Penilaian Keterampilan
|
||||||
Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran
|
|||||||
1
|
Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik
melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar
|
||||||
2
|
Merespon positif partisipasi peserta didik
|
||||||
3
|
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik
|
||||||
4
|
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
||||||
5
|
Menumbuhkan
keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar
|
||||||
Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam
pembelajaran
|
|||||||
1
|
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
||||||
2
|
Menggunakan
bahasa tulis yang baik dan benar
|
||||||
Kegiatan Penutup
|
|||||||
Penutup
pembelajaran
|
|||||||
1
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik merangkum
materi pelajaran
|
||||||
2
|
Menfasilitasi
dan membimbing peserta didik untuk
merefleksi proses dan materi pelajaran
|
||||||
3
|
Memberikan tes
lisan atau tulisan
|
||||||
4
|
Mengumpulkan
hasil kerja sebagai bahan portofolio
|
||||||
5
|
Melaksanakan
tindak lanjut dengan memberikan arahan
kegiatan berikutnya dan tugas
pengayaan
|
||||||
Jumlah
|
Keterangan :
4
: Baik Sekali
3
: Baik
2
: Cukup
1
: Kurang
|
Ketercapaian :
|
80% - 100% = baik sekali
70%
- 86% = baik
55%
- 69% = cukup
<
55% = kurang
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
( )
|
Guru Mata
Pelajaran
( )
|
Pengawas
Pembina
( )
|
No comments:
Post a Comment