Wednesday, 21 October 2015

INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN

INSTRUMEN PENGAWASAN DAN EVALUASI PERENCANAAN PROSES PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                       :
Nama Guru                           :
NIP                                         :
Mata Pelajaran                      :
Semester/Kelas                      :
Tahun Pelajaran                   :
Hari, Tanggal            :

 
 










Aspek yang Diamati
kondisi
Skor nilai
Ya
Tidak
4
3
2
1
Kegiatan Pendahuluan


Apersepsi dan Motivasi






1
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dengan menyapa dan memberi salam






2
Mengaitkan materi dengan materi pembelajaran sebelumnya 






3
Mengajukan pertanyaan menantang untuk memotivasi






4
Mendemonstrasikan sesuatu yang terkait dengan materi pembelajaran






5
Menyampaikan manfaat materi pembelajaran






Penyampaian kompetensi dan rencana kegiatan






1
Menyampaikan  kompetensi  yang akan dicapai  peserta didik






2
Menyampaikan rencana kegiatan misalnya, individual, kerja kelompok, dan melakukan observasi.






Kegiatan Inti


Penguasaan materi pembelajaran






1
Kemampuan menyesuaikan materi dengan tujuan pembelajaran.






2
Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata.






3
Menyajikan  pembahasan   materi pembelajaran dengan tepat.






4
Menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)






Penerapan strategi pembelajaran yang mendidik






1
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai






2
Melaksanakan pembelajaran secara runtut






3
Menguasai kelas






4
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengajukan pertanyaan






5
Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik dalam mengemukakan pendapat






6
Melaksanakan pembelajaran yang mengembangkan keterampilan peserta didik sesuai dengan materi ajar






7
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual






8
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan dan sikap positif (nurturant effect)






9
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan






Penerapan Pendekatan  Saintifik






1
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan   peserta didik untuk  mengamati






2
Memancing peserta didik untuk bertanya apa, mengapa dan bagaimana






3
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengumpulkan informasi






4
Memfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengasosiasikan data dan informasi yang dikumpulkan






5
Menfasilitasi dan menyajikan kegiatan bagi peserta didik untuk mengkomunikasikan pengetahuan dan keterampilan yang diperolehnya






Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran






1
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar  bervariasi






2
Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan  media pembelajaran






3
Melibatkan peserta didik dalam  pemanfaatan sumber belajar






4
Melibatkan peserta didik dalam   pemanfaatan   media pembelajaran






5
Menghasilkan pesan yang menarik






Pelaksanaan Penilaian Pembelajaran






1
Melaksanakan Penilaian Sikap






2
Melaksanakan Penilaian Pengetahuan






3
Melaksanakan Penilaian Keterampilan






Pelibatan peserta didik dalam pembelajaran






1
 Menumbuhkan partisipasi aktif peserta didik melalui interaksi guru, peserta didik, sumber belajar






2
Merespon positif partisipasi peserta didik






3
Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons peserta didik






4
Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif






5
Menumbuhkan keceriaan atau antusiasme peserta didik dalam belajar






Penggunaan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran






1
Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar






2
Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar






Kegiatan Penutup


Penutup pembelajaran        






1
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  merangkum materi pelajaran






2
Menfasilitasi dan membimbing peserta didik  untuk merefleksi proses dan materi pelajaran






3
Memberikan tes lisan atau tulisan






4
Mengumpulkan hasil kerja sebagai bahan portofolio






5
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan  kegiatan berikutnya dan tugas  pengayaan






Jumlah







Keterangan :
4 : Baik Sekali
3 : Baik
2 : Cukup
1 : Kurang

Nilai Akhir =
 
 




Ketercapaian :

Nilai Akhir
 
80% - 100%    =  baik sekali
70% - 86%      =  baik
55% - 69%      =  cukup
< 55%              = kurang

Tindak Lanjut:
 



Mengetahui
Kepala Sekolah




(                                )

Guru Mata Pelajaran




(                                )

Pengawas Pembina




(                                )

No comments:

Post a Comment