Bacalah paragraf berikut!
1. Gagasan utama paragraf tersebut
adalah ... .
A.
akibat
letusan gunung berapi
B.
gunung tidak aktif di Indonesia
C.
gunung berapi teraktif di Indonesia
D.
wedhus
gembel dari gunung berapi
Bacalah
kutipan teks berita berikut!
Teks
Berita I
|
Teks
Berita II
|
Kamis (31/1) timnas sepakbola kalah
0-5 dari Yordania pada laga uji coba. Meski timnas kalah, Menpora menegaskan
masih mempercayai PSSI untuk timnas. Sebelumnya, ada permintaan dari KPSI
supaya pengelolaan timnas dipercayakan pada pihak ketiga. Jika kinerja PSSI
dinilai kurang dalam menangani timnas, Menpora berjanji segera mengambil
tindakan.
|
Tim
Garuda harus menelan kekalahan terbesar 0-10 dari Bahrain. Kini, tanda-tanda
Indonesia mereguk malu sudah terlihat. Kamis, 31 Januari 2013, di Amman,
Yordania, anak buah Nilmaizar dibekap tuan rumah dengan skor 5-0. Bulan
Februari 2012 menjadi bulan terkelam dalam sejarah timnas Indonesia.
|
2.
Persamaan
isi kedua kutipan teks berita tersebut adalah
... .
A. Uji coba timnas melawan Nilmaizar
B. pengelolaan timnas oleh pihak ketiga
C. skor 5-0 kekalahan timnas dari Yordania
D. Menpora menilai kurangnya kinerja PSSI
Bacalah
kutipan teks berita
berikut!
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
Banjir menjadi ancaman
daerah-daerah di sekitar Jakarta. Akibat banjir besar pertengahan Januari
lalu, terdata sebanyak 1.580 keluarga di Tangerang menjadi korban. Kerugian
infrastruktur terutama rumah mencapai Rp23,8 miliar. Belum lagi kerusakan
jalan dan drainase.
|
Jumat (1/2) terjadi banjir paling
parah di RT 06 RW 07, Kelurahan Cililitan, Kramatjati, Jakarta Timur.
Ketinggian luapan air mencapai 150 s.d. 200 cm. Badan Penanggulangan Bencana
Daerah meminta semua aparat tanggap terhadap bencana banjir tersebut.
|
3.
Perbedaan
penyajian kedua kutipan teks berita tersebut adalah ....
|
Teks Berita I
|
Teks Berita II
|
A
|
diawali dengan unsur berita apa
|
diawali dengan unsur berita kapan
|
B
|
diawali
dengan unsur berita siapa
|
diawali
dengan unsur berita apa
|
C
|
diakhiri
dengan unsur berita apa
|
diakhiri
dengan unsur berita kapan
|
D
|
diakhiri
dengan unsur berita bagaimana
|
diakhiri
dengan unsur berita kapan
|
Bacalah kutipan
biografi tokoh berikut!
Yohanes
Surya lahir
di Jakarta pada 6 November 1963. Ia mulai memperdalam fisika pada jurusan
Fisika MIPA Universitas Indonesia hingga tahun 1986. Ia mengajar di SMAK I
Penabur Jakarta hingga tahun 1988. Ia selanjutnya menempuh program master dan
doktornya di College of William and Mary, Virginia, Amerika Serikat.
Program masternya diselesaikan pada tahun 1990 dan program doktornya di tahun
1994 dengan predikat cumlaude.
Setelah mendapatkan gelar Ph.D., Yohanes Surya menjadi Consultant of
Theoretical Physics di TJNAF/CEBAF (Continous Electron Beam Accelerator
Facility) Virginia – Amerika Serikat (1994). Walaupun sudah punya Greencard
(izin tinggal dan bekerja di Amerika Serikat), Yohanes Surya pulang ke
Indonesia dengan tujuan ingin berbuat sesuatu untuk bangsanya. Beberapa tahun
kemudian, ia dikenal pencetak juara olimpiade.
|
4. Keistimewaan tokoh sesuai dengan
isi biografi tersebut adalah … .
A. pencetak juara olimpiade
B. meraih gelar doktor 1994
C. mengajar di SMK Penabur
D. Ia mahasiswa Fakultas MIPA UI
Bacalah kutipan biografi
tokoh berikut!
5.
Hal
yang patut diteladani pada tokoh tersebut adalah ...
A.
taat
dan tegas
B.
ramah
dan taat
C.
sopan
dan ramah
D.
tegas dan disiplin
Bacalah
iklan berikut!
6.
Penjelasan
isi kalimat (4) pada iklan tersebut adalah ...
A. Kalau kita ingin selamat sampai 27
tahun, ikutlah Asuransi Jiwa Sinarmas.
B. Kalau kamu memilih Asuransi Jiwa
Sinarmas, kita akan terlindungi sampai 27 tahun.
C. Kalau Anda memilih Asuransi Jiwa
Sinarmas, akan terlindungi di kemudian hari.
D. Kita dan orang yang kita
cintai akan terlindungi jika memilih Asuransi Jiwa Sinarmas.
Perhatikan iklan berikut!
|
7.
Maksud
iklan pengumuman tersebut adalah ...
A.
Menganjurkan
guru agar bahan plastik tidak diberikan kepada para siswa.
B.
Menjelaskan
agenda sekolah mengurangi bahan plastik dengan bahan kertas.
C.
Melarang
penggunaan bungkus berbahan plastik karena berbahaya bagi lingkungan.
D.
Mengimbau warga sekolah untuk peduli lingkungan dengan tidak
menggunakan bahan plastik.
Perhatikan iklan
berikut!
|
8.
Kalimat
fakta pada iklan tersebut adalah ….
A. 1 dan 5
B. 2 dan 4
C.
3 dan 5
D. 4 dan 3
Bacalah paragraf berikut!
|
9.
Simpulan
isi paragraf tersebut adalah …
A.
Penumpang
KRL Jakarta – Bogor dapat dilayani.
B.
Akibat tanah longsor jalur kereta Jakarta – Bogor terputus.
C.
Puluhan
rumah warga rusak akibat putusnya jalur kereta.
D.
Longsoran
tanah tidak merusak rumah warga sekitar rel kereta api.
Perhatikan grafik
berikut!
Kejadian Bencana Puting Beliung
10. Penjelasan isi grafik tersebut adalah
...
A.
Bencana puting beliung dapat membuat pohon
tumbang.
B.
Pada tahun keempat terjadi penurunan
bencana puting beliung.
C.
Pemerintah telah berhasil memperkecil kejadian
bencana puting beliung.
D.
Secara umum selama empat tahun kejadian
bencana puting beliung meningkat.
Perhatikan tabel
berikut!
Perkiraan Volume Kendaraan Pribadi
Arus Mudik H-2 sampai dengan H-3 di
Tol Tangerang – Merak
Tahun
|
Masuk
Gerbang Tol Cikupa
|
Keluar
Gerbang Tol Merak
|
2009
|
34.000
|
12.000
|
2010
|
34.500
|
14.000
|
2011
|
35.000
|
15.000
|
11. Simpulan isi tabel tersebut adalah
...
A.
Berdasarkan perkiraan volume kendaraan pribadi arus mudik selama tiga
tahun cenderung meningkat.
B.
Perkiraan
volume kendaraan pribadi arus mudik di Tol Tangerang – Merak selama tiga tahun
statis.
C.
Terjadi
penurunan perkiraan volume kendaraan pribadi yang keluar dan masuk di Tol Tangerang
– Merak.
D.
Selama
tiga tahun terakhir, perkiraan volume kendaraan pribadi yang melalui Tol Tangerang
– Merak tidak stabil.
Perhatikan denah
berikut!
|
12. Letak Lokasi pada denah tersebut
berada di ....
A.
utara
Seskoal
B.
barat SMPN 161
C.
barat
Almubarok
D.
selatan
Alfamidi
Perhatikan denah berikut!
13. Perjalanan yang paling efektif bila
kita akan menuju Lokasi dari Citeureup adalah ...
A.
Jalan Mayor Oding, Jalan Raya Jakarta Bogor, Jalan Tegar Beriman,
menuju Lokasi.
B.
Jalan
Raya Sukajati, Jalan Raya Jakarta Bogor, Jalan Tegar Beriman, menuju Lokasi.
C.
Jalan
Raya Sukajati, Jalan Mayor Oding, Jalan Tegar Beriman, menuju Lokasi.
D.
Jalan
Tegar Beriman, Jalan Raya Jakarta Bogor, Jalan Mayor Oding, menuju Lokasi.
Perhatikan puisi
berikut!
14. Tema kutipan puisi tersebut adalah
....
A.
Penuntasan
kemiskinan
B.
Damaikan
peperangan
C.
Pahlawan
pendidikan
D.
Pahlawan kemerdekaan.
Perhatikan puisi
berikut!
15. Larik bermajas pada kutipan puisi
tersebut terletak pada larik ...
A.
pertama
B.
kedua
C.
ketiga
D.
keempat
Perhatikan kedua
kutipan puisi berikut!
Puisi I
|
Puisi II
|
Pemuda untuk Perubahan
Indonesia menangis
Bahkan tercabik
Dengan hebatnya penguasa korupsi
Tak peduli rakyat menangis
Dan banyak menjadi pengemis
|
Negeriku Tercinta Indonesia
Nasibmu ini menderita
Rakyatmu kini sengsara
Pemimpin yang tidak bijaksana
Apakah pantas memimpin negeri
Yang aman sentosa
|
16. Perbedaan amanat kedua puisi tersebut
adalah ….
|
Puisi I
|
Puisi II
|
A
|
Jadilah
rakyat kecil yang menangis kelaparan!
|
Jangan
biarkan pemimpin tidak bijaksana!
|
B
|
Jadilah
penguasa yang menyantuni pengemis!
|
Pemimpin
yang tidak bijaksana jangan dipaksa.
|
C
|
Ingatlah
kepada rakyat yang menangis!
|
Buatlah
rakyat Indonesia sentosa!
|
D
|
Jangan menjadi penguasa yang korup!
|
Jadilah pemimpin yang bijaksana!
|
Bacalah kutipan cerpen
berikut!
17. Latar kutipan cerpen tersebut adalah di
….
- kelas, pagi hari
- halaman, pagi hari
- kelas, siang hari
- sekolah, sore hari
Bacalah kutipan cerpen
berikut!
18. Bukti tokoh Anta berkemauan keras
tergambar pada pernyataan nomor ….
- (1)
- (2)
- (3)
- (4)
Bacalah kutipan cerpen
berikut!
|
19. Cara pengarang menggambarkan watak
tokoh pada kutipan cerpen tersebut melalui ….
- dialog antartokoh
- tingkah laku tokoh
- diceritakan pengarang
- diungkapkan tokoh-tokoh yang lain
Bacalah kutipan cerita
berikut!
|
20. Amanat kutipan cerita tersebut adalah
…
A.
Jangan meremehkan orang lain!
B. Jadilah sahahat yang baik bagi ibu!
C. Berbuat baiklah kepada kedua orang
tua!
D. Jangan pernah berkata hebat tentang
teman!
Bacalah kutipan cerita
berikut!
|
21. Konflik pada kutipan cerita tersebut
adalah …
A. Dara merasa bersedih karena Vita
orang yang kaya raya.
B. Vita ingin bersaing dengan kemampuan
yang dimiliki Dara.
C.
Dara merasa benci dengan Vita hingga ingin membalas dendam.
D. Vita sangat benci dengan Dara, karena
memiliki banyak kelebihan.
Bacalah kutipan novel
berikut!
|
22. Kebiasaan
Rasmani yang terdapat dalam kutipan novel tersebut adalah ....
A. pergi ke sekolah dengan temannya
B. selalu diantar orang tuanya
ke sekolah
C. belajar bersama setelah pulang
sekolah
D. berangkat ke sekolah bersama si
Masrul
Bacalah kedua kutipan
novel berikut!
Novel I
|
Novel
II
|
Ingin
rasanya aku berteriak mendengar pertanyaan bodoh adikku ini. Biasanya aku
akan bilang, “Ya enggak gitu, bodoh!” Tapi mama sudah melarangku mengatakan
kata itu lagi. Katanya, anak baik tidak boleh berkata kasar. “ Priska tidak
bodoh, Vin. Dia ingin pintar seperti kamu, “kata Mama.
|
Ah,
mau tak mau, ia harus pergi ke warung Bu Rustam. Ia tak mau menolak
permintaan ibunya. Warung itu berjarak dua rumah dari rumah Abah. Tanpa
terasa, kini Difa berada di depan gang. Siang itu tambah sepi. Mungkin
anak-anak di sekitar Blok II belum pulang.
|
23. Perbedaan karakteristik kedua kutipan
novel tersebut adalah….
|
Novel I
|
Novel II
|
A
|
sudut pandang akuan
|
sudut pandang diaan
|
B
|
tokoh yang terlihat banyak
|
tokoh yang terlihat dua
|
C
|
amanat tentang moral
|
amanat tentang pendidikan
|
D
|
latar sosial kehidupan pegunungan
|
latar sosial kehidupan pedesaan
|
Bacalah kutipan naskah
drama berikut!
|
24.
Suasana yang
tergambar dalam kutipan naskah
drama tersebut adalah ….
A.
ramai
B.
tegang
C.
tenang
D.
senyap
Bacalah kutipan naskah
drama berikut!
|
25. Latar waktu pada kutipan drama tersebut adalah ....
A.
sore
di kelas
B.
siang
di lapangan
C.
pagi di perpustakaan
D.
pagi
di halaman sekolah
Bacalah ilustrasi
berikut!
|
26. Catatan buku harian yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah…
A.
Tanggal
17 Agustus aku menerima piala dari gubernur sebagai juara lomba.
B.
Wow,
asyiknya, aku mendapat hadiah dari gubernur karena menang lomba.
C.
Wah,
hebohnya Kami menerima ucapan selamat
dari gubernur sebagai pemenang lomba musikalisasi puisi.
D.
Tanggal17 Agustus 2012 tim musikalisasi puisi kami terima hadiah dan
piala dari gubernur. Wah,alangkah senangnya.
Cermati ilustrasi
berikut!
27. Catatan buku harian yang sesuai
dengan ilustrasi tersebut adalah…
A.
Sebagai
peringkat II di kelas, aku pasti catat dalam buku harian agar ada kenangan
sepanjang hidup. Wah, senangnya hatiku.
B.
Tanggal
22 Desember 2012 aku menerima rapor semester ganjil. Aku berhasil meraih
peringkat terbaik. Ibuku memberi ucapan selamat.
C.
Wow,
senangnya hatiku sebagai juara kelas. Aku akan berusaha mempertahankan nilai
yang kuraih. Semoga ibu senang dan aku bahagia.
D.
Hari itu Sabtu, 22 Desember 2012 Ibu memberi ucapan selamat
kepadaku. Aku heran. Wah, tidak kusangka aku sebagai peringkat II nilai terbaik. Senangnya hatiku.
Perhatikan kalimat-kalimat
berikut!
|
28. Susunan kalimat laporan tersebut yang
tepat adalah ….
A. (3),(1),(4),(5),(6),(2)
B. (3),(5),(6),(2),(4),(1)
C. (5),(6),(3),(2),(4),(1)
D. (5),(2),(4),(6),(1),(3)
Cermati ilustrasi
kegiatan berikut!
29.
Isi pengumuman
yang paling tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ….
A.
Mari ikuti
lomba paduan suara antarkelas yang akan diselenggarakan pada:
tanggal : 1 s.d 4 Maret 2013
waktu : pukul 08.00 s.d. 12.00
tempat : R. Serbaguna
Pendaftaran
tanggal 1 s.d. 4
Maret 2013 di panitia
lomba.
B.
Ikutilah lomba paduan suara antarkelas yang
akan diselenggarakan pada
hari, tanggal : Sabtu, 16 Maret 2013
waktu : pukul 08.00 s.d.
12.00
tempat : R. Serbaguna
Pendaftaran mulai tanggal 1 s.d. 4
Maret 2013 di panitia lomba.
C. Jangan
lewatkan, ikutilah
lomba paduan suara antarkelas yang akan diselenggarakan pada:
hari, tanggal : Sabtu, 16 Maret 2013
waktu : pukul 08.00 s.d. 12.00
tempat : R. Serbaguna
Pendaftaran
paling akhir tanggal 1 Maret 2013 di panitia lomba.
D. Daftarkan
segera ke pengurus OSIS.
Ikutilah lomba paduan suara antarkelas yang akan diselenggarakan pada:
hari, tanggal : Sabtu, 16 Maret 2013
waktu : pukul 08.00 s.d. 12.00
tempat : R. Serbaguna
Pendaftaran mulai
tanggal 1 s.d. 4 Maret 2013.
Perhatikan data buku
berikut!
|
30. Paragraf resensi yang tepat
berdasarkan data buku tersebut adalah …
A.
Buku karya Agus Sulaiman ini cukup berhasil menyampaikan persoalan
remaja. Sebenarnya persoalannya cukup kompleks. Namun, karena dikemas dengan
bahasa yang sederhana dan didukung dengan tata letak yang baik, buku ini layak
dibaca para remaja.
B. PT Pijar sering menerbitkan buku-buku
remaja bermutu. Salah satunya buku Akhlak Mulia Bagi Remaja. Buku ini menyampaikan contoh-contoh kasus yang sesuai
dengan kehidupan remaja. Bahasanya pun sederhana cocok sesuai dengan bahasa
remaja.
C. Buku yang dicetak pertama kali tahun
2010 sudah habis terjual. Ini menunjukkan anak remaja haus akan bacaan yang
berkenaan dengan pergaulan. Meskipun ada beberapa contoh kasus yang tidak
sesuai, ini tidak mengurangi antusias remaja untuk membacanya.
D. Agus Sulaiman seorang pemerhati
kehidupan remaja. Dia begitu piawi menyampaikan tip-tip untuk remaja, sehingga
sayang jika remaja tidak memiliki buku ini. Buku ini layak dibaca.
Bacalah kutipan surat pribadi berikut!
|
31. Kalimat
yang tepat untuk melengkapi surat tersebut adalah ...
A. Beritamu selalu aku tunggu-tunggu.
B. Bagaimana kabarmu di Surabaya?
C. Mengapa kamu tak memberi kabar?
D. Apa saj pekerjaanmu di Surabaya?
Bacalah kutipan surat berikut!
|
32. Kalimat yang tepat untuk melengkapi
bagian penutup surat tersebut adalah …
A.
Atas
perhatian dan kerjasama Bapak, kami mengucapkan terima kasih.
B.
Semoga
berkenan, atas perhatian dan kerjasama bapak diucapkan terima kasih.
C.
Demikian surat ini kami sampaikan. Atas perhatian Bapak, kami
ucapkan terima kasih.
D.
Demikian
kami sampaikan, atas kebaikan dan kerjasama Bapak disampaikan terima kasih.
Bacalah ilustrasi berikut!
33. Surat pembaca yang sesuai dengan
ilustrasi tersebut adalah…
- Sungguh sangat disayangkan
tembok yang sudah dicat itu kini tinggal kenangan. Keadaan ini sangat
memprihatinkan. Seharusnya kebersihan ini menjadi tanggung jawab kita
semua.
- Hanya seminggu saja kami
menikmati sekolah yang berwarna ceria. Kini coretan tangan-tangan jahil
mulai menjamur di mana-mana. Kami mengimbau teman-teman untuk menjaga
kebersihan dan keindahan sekolah kita.
- Berapa juta yang sekolah
keluarkan untuk mengecat tembok. Tetapi sayang baru juga seminggu cat itu
sudah pudar. Kualitas cat yang kurang baik menjadi penyebab utamanya.
Mohon kepada kepala sekolah untuk memperhatikan ini.
- Grafiti yang ada di tembok
sekolah kami sangat indah. Ini menunjukkan betapa kreatifnya siswa di
sini. Bahkan, di beberapa tempat nampak coretan seperti gambar abstrak.
Cermatilah bacaan
berikut!
|
34. Rangkuman
isi teks bacaan tersebut yang tepat adalah …
A.
Buku mampu mendokumentasikan pengetahuan seseorang melalui
aktivitas-aktivitasnya.
B.
Buku dapat mengantarkan orang bertambah pengetahuan serta
meningkatkan taraf hidupnya.
C.
Pendistribusian pengetahuan melalui buku serta hal-hal aktivitas
yang berhubungan dengan buku.
D.
Buku mempunyai aktivitas yang beragam hal ini menunjukkan
pentingnya buku dalam kehidupan manusia.
Cermatilah ilustrasi berikut!
|
35. Teks berita yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah …
A.
Kebakaran
terjadi di kaki Gunung Agung, Kabupaten karang Asem, Bali. Penyebab kebakaran
akibat gesekan daun kering yang disertai suhu udara yang cukup panas. Upaya pemadaman sudah berhasil meski penangannya
dilakukan secara manual. Ditambah lagi akses jalan memasuki kawasan hutan mudah
ditempuh.
B.
Bali (31/8) kebakaran terjadi di kaki Gunung Agung, Kabupaten Karang
Asem, Kabupaten karang Asem, Bali. Ada dugaan penyebab kebakaran akibat gesekan
dahan kering yang disertai suhu udara yang cukup panas. Upaya pemadaman cukup
lama karena penanganannya secara manual. Ditambah lagi akses jalan memasuki
kawasan hutan sangat sulit.
C.
Kebakaran
terjadi di kaki Gunung Agung, Kabupaten Karang Asem, Bali. Penyebab kebakaran masih diselidiki oleh pihak
yang berwajib. Tidak ada korban jiwa. Upaya pemadaman belum berhasil karena
penanganannya dilakukan secara manual. Ditambah lagi akses jalan memasuki
kawasan hutan sangat sulit.
D.
Bali
(31/8) kebakaran akan terjadi di kaki Gunung Agung, Kabupaten Karang Asem,
Bali. Dugaan penyebab kebakaran akibat para pembalak hutan yang membuang
puntung rokok sembarangan. Puntung itu menyebabkan kobaran api yang tidak bisa
dikendalikan lagi. Upaya pemadaman belum berhasil karena hanya dilakukan secara
manual.
Bacalah ilustrasi
berikut!
36. Slogan yang sesuai dengan ilustrasi
tersebut adalah …
A. Membaca untuk mengisi waktu.
B. Membaca itu sangat penting.
C. Pengetahuan diperoleh dari membaca.
D. Sinopsis dilombakan membaca
dibudidayakan.
Cermatilah ilustrasi
berikut!
|
37.
Kalimat iklan
baris yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah ...
A.
Butuh Uang. Dijual rmh mrh, strgs dan bbs banjir. Harga
murah.Hubungi Budi, Jln Anggrek No. 10 Jambi.
B.
Butuh Uang. Sgr tanah L 300 M2 , lokasi aman
bebas bjr. Harga terjangkau. SHM. Yang berminat hub. Budi.
C.
BU.Djual tanah murah dan terjangkau. Stratgs utk ush.
SHM. Bbs banjir dan strgs. Hubungi Pak Budi di Jambi.
D.
BU. Dijual tnh L 300 m2 lks strgs,
bbs bnjr. SHM. Nego. Hub. Budi Jln Anggrek No. 10 Jambi.
Perhatikan petunjuk
berikut!
|
38. Kalimat yang tepat untuk melengkapi petunjuk tersebut adalah …
A. (3) Setelah dingin, simpan dalam
tempat kedap udara.
(6) Tuang 1 – 2 sendok makan adonan,
ratakan, dan tutup.
B.
(3) Tuang 1 – 2 sendok makan adonan, ratakan, dan tutup.
(6) Setelah dingin, simpan
dalam tempat kedap udara.
C. (3) Biarkan adonan untuk sementara
waktu biar mengembang.
(6) Setelah dingin, kue sudah siap
disantap.
D. (3) Setelah dingin, kue sudah siap
disantap.
(6) Biarkan adonan untuk sementara
waktu biar mengembang.
Bacalah kalimat-kalimat
berikut!
|
39. Kalimat acak tersebut akan menjadi petunjuk yang
tepat bila disusun dengan urutan … .
- (5) – (1) – (3) – (2) – (4)
- (3) – (1) – (5) – (2) – (4)
- (5) – (4) – (2) – (1) – (3)
- (5) – (1) – (3) – (4) –
(2)
Bacalah ilustrasi
berikut!
|
40. Penutup teks pidato yang sesuai dengan llustrasi
tersebut adalah …
A. Bapak dan ibu serta rekan-rekan yang
saya hormati. Dalam acara hari Anak Indonesia ini marilah kita menunjukkan
kepada semua orang bahwa kita adalah generasi kreatif dan mandiri.
B. Kita sebagai anak Indonesia harus
menjadikan diri kita menjadi anak yang cerdas, kreatif, dan terampil. Kita
harus bisa menunjukkan kebaikan kepada semua orang.
C. Mudah-mudahan peringatan Hari Anak
Indonesia yang kita gelar di sekolah kita ini dapat mendorong para siswa
melakukan perubahan menjadi anak yang soleh dan pintar.
D. Demikianlah pidato yang
dapat saya sampaikan. Semoga Peringatan Hari Anak Indonesia yang kita gelar ini
dapat memberi manfaat kepada kita. Terima kasih atas segala perhatian, mohon
maaf atas segala kekuarangan.
Perhatikan kutipan teks
pidato berikut!
|
41.
Perbaikan sapaan
pada kutipan teks
pidato tersebut yang tepat adalah ...
A.
Para Bapak dan para ibu-ibu serta saudara yang terhormat!
B.
Para Bapak-bapak dan para ibu serta saudara yang
terhormat!
C. Bapak-bapak dan Ibu-ibu serta
saudara-saudara yang terhormat!
D.
Para Bapak dan para ibu serta saudara-saudara semua yang terhormat!
Perhatikan tema karya
ilmiah berikut!
|
42.
Rumusan masalah yang tepat dalam karya tulis sesuai
dengan tema tersebut adalah …
A.
Dapatkah virus flu dicegah?
B.
Apakah virus flu dapat menular?
C.
Mengapa harus mencegah virus flu?
D.
Bagaimanakah cara pencegahan virus flu?
Bacalah simpulan karya
ilmiah berikut!
|
43. Saran yang tepat berdasarkan simpulan
karya ilmiah tersebut adalah …
A. Sebaiknya masyarakat segera membentuk
kelompok anti penyebaran virus flu burung.
B. Pemerintah sudah berusaha mengatasi
penyebaran virus flu burung di seluruh daerah.
C. Seharusnya masyarakat mengetahui
bahwa flu burung sangat berbahaya bagi masa depan bangsa.
D. Hendaknya masyarakat
peduli kesehatan lingkungan dan waspada terhadap penyebaran virus flu burung.
Cermati data buku berikut!
|
44. Penulisan daftar pustaka yang tepat
berdasarkan data buku tersebut adalah ...
A. Andrea, Hirata. PT Bentang Pustaka.
2007. Sang Pemimpi. Yogyakarta.
B. Andrea, Hirata. Sang Pemimpi. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka 2007:
C.
Hirata, Andrea. 2007. Sang
Pemimpi. Yogyakarta: PT Bentang Pustaka.
D. Hirata, Andrea. 2007. Sang Pemimpi. PT Bentang Pustaka:
Yogyakarta.
Cermatilah kalimat
berikut!
|
45. Perbaikan kalimat tersebut yang tepat
adalah ...
A. Semua siswa bertepuk tangan sangat
keras sesaat mendengar pengumuman bahwa
Sekolah SMP Harapan Kita menjadi juara pertama lomba sekolah sehat.
B. Semua para siswa bertepuk tangan
sangat keras setelah mendengar pengumuman bahwa SMP Harapan Kita menjadi juara
pertama lomba sekolah sehat.
C. Semua siswa bertepuk
tangan sangat keras setelah mendengar pengumuman bahwa SMP Harapan Kita menjadi
juara pertama lomba sekolah sehat.
D. Semua siswa bertepuk tangan sangat
keras setelah mendengar pengumuman bahwa Sekolah SMP Harapan Kita menjadi juara
pertama lomba sekolah sehat.
Perhatikan kalimat
berikut!
|
46. Perbaikan penggunaan tanda baca yang
tepat pada kalimat tersebut adalah ...
A.
“Sudah saatnya kalian berdamai” kata ibu sambil tersenyum bijak
pada kami.
B.
“Sudah saatnya kalian berdamai”: kata ibu sambil tersenyum bijak
pada kami.
C.
“Sudah saatnya kalian berdamai,” kata ibu sambil tersenyum bijak
pada kami.
D.
“Sudah saatnya kalian berdamai” kata ibu, sambil tersenyum bijak
pada kami.
Perhatikan kalimat
berikut!
|
47. Perbaikan penggunaan huruf kapital
pada kalimat tersebut yang tepat adalah …
A.
Setiap
tanggal 2 Mei Para Pelajar memperingati hari pendidikan nasional.
B.
Setiap tanggal 2 Mei para pelajar memperingati Hari Pendidikan
Nasional.
C.
Setiap
tanggal 2 Mei para pelajar Memperingati Hari Pendidikan Nasional.
D.
Setiap
tanggal 2 Mei para Pelajar memperingati hari Pendidikan Nasional.
Perhatikan pantun
berikut!
|
48. Larik yang tepat untuk melengkapi
pantun tersebut adalah … .
A.
(1)
Mari belajar agar sukses
(2) Kelak
jadi anak impian
B.
(1)
Kalau Anda ingin sukses dan lulus
(2)
Rajin belajar dan berdoa pada Tuhan
C.
(1)
Kerja keras biar lulus
(2) Agar kelak meraih sukses
D.
(1)
Kalau Anda ingin lulus
(2)
Terus
belajar biar pintar
Perhatikan kutipan
puisi berikut!
49. Larik bermajas yang tepat untuk
melengkapi kutipan puisi tersebut adalah …
A. Burung terbang di angkasa
B. Jalan panjang di tepian
C. Pohon nyiur di tepi pantai
D.
Mentari merona membuka hari
Perhatikan kutipan
naskah drama berikut!
|
50. Dialog yang tepat untuk melengkapi kutipan
naskah drama tersebut adalah ...
A.
(2)
Tidak ada apa-apa, Kak.
(4) Lagi
kesel aja, lampu mati.
B.
(2)
Kamu kenapa Tita?
(4) Aku tidak gelisah, aku hanya
gerah.
C.
(2) Kamu kenapa, Tita?
(4) Aku mau ngumpulin
tugas tapi listrik mati.
D.
(2)
Tita mau ke mana?
(4) Ini Kak. Aku mau ngetik tugas.
No comments:
Post a Comment