HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan
ini disusun sebagai pertanggungjawaban Panitia Tes Pendalaman Materi
Tahun
Pelajaran 2013/2014
Disahkan
di Yogyakarta
Tanggal
24 April 2013 M/ 23 Jumadil Akhir 1435 H
Ketua Pelaksana
Giri Widodo Setyo Bawono, S.Pd.
NBM. 1134 433
|
Kepala Sekolah
Drs. Endra Widyarsono
NIP. 19610501 198403 1 009
|
Sekretaris
Nurani Handayani, S.Pd.
NBM. 1132 333
|
KATA
PENGANTAR
الحمد لله رب العلمين. أشهد أن لا اله الاالله
واشهد ان محمدرسول الله
اللهم صل
على سيدنا محمد وعلى ال سيدنا محمد
Alhamdulillah, segala puji syukur panitia
panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat, taufiq dan hidayah-Nya,
sehingga atas ridha-Nyalah panitia dapat melaksanakan tugas sebagai panitia tes
pendalaman materi tahun pelajaran
2013-2014 sejak persiapan sampai berakhirnya kegiatan. Kegiatan yang dimulai
dari persiapan, pelaksanaan dan penyusunan laporan.
Panitia dapat
melaksanakan tugas tersebut dengan baik berkat kerjasama seluruh komponen
sekolah. Oleh karena itu Panitia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada:
1.
Kepala Sekolah,
yang telah memberi kepercayaan tugas disertai petunjuk,
pengarahan, serta bimbingan kepada Panitia.
2.
Bapak, Ibu Guru
dan Karyawan yang telah berperan aktif dalam penyelenggaraan
Tes Pendalaman Materi tahun pelajaran
2013-2014.
Semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi sekolah, terutama
bagi kami panitia. Laporan juga dapat
dijadikan bahan evaluasi atas segala kekurangan kerja panitia. Penyusunan
laporan selanjutnya dapat menjadi bahan
pertimbangan dalam menentukan langkah ke arah perbaikan dan peningkatan
kepanitiaan yang akan datang.
Demikian
laporan ini kami buat, semoga dapat bermanfaat. Diharapkan kritik dan
saran yang membangun untuk kelancaran kegiatan tahun berikutnya. Amin.
Yogyakarta, 24 April 2014
M
23 Jumadil Akhir 1435 H
Ketua
Giri Widodo Setyo Bawono, S.Pd.
NBM. 1134 433
|
DAFTAR
ISI
HALAMAN
JUDUL................................................................................................. i
HALAMAN
PENGESAHAN.................................................................................. ii
KATA
PENGANTAR.............................................................................................. iii
DAFTAR
ISI.............................................................................................................. iv
BAB
I PENDAHULUAN......................................................................................... 1
A.
Latar Belakang Masalah........................................................................................ 1
B.
Dasar Pelaksanaan................................................................................................. 2
C.
Tujuan................................................................................................................... 2
D. Sasaran.................................................................................................................. 2
BAB
II PERSIAPAN TES PENDALAMAN MATERI 2013/2014..................... 3
A.
Susunan Panitia..................................................................................................... 3
B.
Pembagian Tugas Panitia...................................................................................... 3
C.
Rencana Kegiatan................................................................................................. 4
D.
Rencana Anggaran................................................................................................ 5
E. Peserta................................................................................................................... 5
BAB
III PELAKSANAAN TES PENDALAMAN MATERI 2013/2014............ 6
A.
Waktu dan Tempat Tes Pendalaman Materi........................................................ 6
B.
Proses Pelaksanaan dan Hasil Tes
Pendalaman Materi......................................... 8
C. Pelaksanaan
Anggaran.......................................................................................... 8
BAB
IV PENUTUP................................................................................................... 9
Kesimpulan.................................................................................................................. 9
LAMPIRAN............................................................................................................... 10
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Keberhasilan
siswa diukur dengan nilai yang didapat oleh siswa dalam pembelajaran setiap
harinya. Berbagai macam
cara dilakukan sekolah guna untuk memaksimalkan nilai yang didapat oleh siswa.
Cara-cara yang dilaksanakan di sekolah antara lain, les pagi atau disebut
dengan jam ke nol (dilaksanakan sebelum jam pelajaran sekolah),
les siang setelah pelajaran dan les malam yang dimulai pukul 18.30 WIB.
Upaya lain untuk
mengukur keberhasilan siswa juga dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan dan Dinas
lain yang terkait yaitu dengan melaksanakan tes pendalaman materi. Tes pendalaman materi dilaksanakan sebagai bahan evaluasi
untuk mengukur nilai yang didapat siswa. Nilai yang didapat siswa dari
pembelajaran siswa yang didapat selama tiga menuntut ilmu.
Dengan adanya
Tes Pendalaman Materi siswa menjadi semakin giat untuk meningkatkan belajarnya
dan semakin rajin pula dalam latihan soal yang diberikan oleh guru mata
pelajran masing-masing. Siswa dapat melihat hasil belajar selama tiga tahun
yang lalu dengan melihat hasil Tes
Pendalaman materi yang mereka peroleh. Oleh karena itu, hasil Tes Pendalaman Materi
yang diperoleh dapat dapat dijadikan pedoman siswa dalam menilai prestasi
belajar selama ini.
Tes Pendalaman
Materi sangat membantu siswa dan sekolah dalam rangka mempersiapkan Ujian
Nasional tahun pelajaran 2013/2014. Sekolah nantinya juga dapat meningkatkan
proses belajar mengajar atau pembelajaran dengan menambah metode atau strategi
pengajaran kepada siswa yang hasil atau nilai yang siswa dapatkan rendah di
bawah kriteria ketuntasan minimal dalam pada mata pelajaran Ujian Nasional.
B. Dasar
Pelaksanaan
Dasar pelaksanaan Tes Pendalaman Materi (TPM) tahun
pelajaran 2013/2014 adalah sebagai berikut:
1.
Keputusan Rapat Dinas SMP Muhammadiyah
Yogyakarta tanggal l0
Januari 2014.
2.
Surat Keputusan Kepala Sekolah
SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta No: 421/KEP/III.4.AU.210/A/2014
3.
Surat edaran
Dinas Pendidikan kota Yogyakarta No. 422/295 tanggal 15 Januari 2014
4.
Surat edaran
Musyawarah Kerja Kepala Sekolah DIY tanggal 24 Januari 2014
5.
Surat edaran
BKS Muhammadiyah DIY No.17/BKS SMP DIY/XII/2013
C. Tujuan
Pelaksanaan
Tujuan
pelaksanaan Tes Pendalaman Materi (TPM) tahun pelajaran 2013/2014 adalah:
1. Mempersiapkan
siswa dalam menghadapi Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/2014
2. Memotivasi
siswa kelas IX untuk meningkatkan belajar
3. Mengevaluasi
hasil belajar siswa kelas IX dalam mata
pelajaran Ujian Nasional
4. Menjadikan
pedoman siswa dalam menilai hasil belajar mata pelajaran Ujian Nasional
D. Sasaran
Pelaksanaan
Siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta.
BAB II
PERSIAPAN TES
PENDALAMAN MATERI
SMP
MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA TAHUN
PELAJARAN 2013/2014
A.
Susunan panitia
Panitia
Tes Pendalaman Materi Tahun pelajaran 2013/2014
dibentuk berdasarkan hasil keputusan rapat Kepala Sekolah, Guru dan Karyawan
tanggal 10 Januari 2014 M/ 28 Rabiul Awal 1435 H. Dengan susunan kepanitiaan terlampir.
B.
Deskripsi Tugas Panitia
NO.
|
JABATAN
|
URAIAN TUGAS
|
1.
|
Penanggung Jawab/
Kepala Sekolah
|
· Penyelenggara/Penanggung Jawab terselengaranya kegiatan Tes
Pendalaman Materi.
·
Mengarahkan Panitia mulai dari perencanaan sampai
pelaksanaan Tes Pendalaman Materi.
|
2.
|
Ketua
|
·
Merancang Program Kerja Tes
Pendalaman Materi.
·
Selalu memonitor terhadap terselengaranya proses Tes Pendalaman Materi
|
3.
|
Sekretaris
|
·
Menyiapkan semua perlengkapan administrasi panitia Tes Pendalaman Materi.
·
Membuat surat tugas panitia Tes Pendalaman Materi.
·
Mengarsip semua berkas penyelenggaraan Tes Pendalaman Materi.
· Bersama Ketua dan Bendahara membuat laporan Pertanggungjawaban.
|
4.
|
Bendahara
|
·
Membuat
anggaran penyelenggaraan Tes Pendalaman Materi .
·
Membuat laporan keuangan Tes
Pendalaman Materi.
|
5.
|
Pengawas
|
· Mengawasi pelaksanaan Tes Pendalaman Materi.
|
6.
|
Perlengkapan
|
· Menyiapkan semua perlengkapan yang diperlukan dalam pelaksanaan
Tes Pendalaman Materi.
|
C.
Rencana Kegiatan
Kegiatan
Tes Pendalaman Materi Kelas IX Tahun Pelajaran 2013/2014 akan dilaksanakan:
No.
|
Waktu
|
Program Kerja
|
Penanggung Jawab
|
1.
|
10
Januari 2014
|
Rapat
Pembentukan Panitia
|
Kepala
Sekolah
|
2.
|
21
Januari 2014
|
Pembagian
SK Tes Pendalaman Materi 2013/2014
|
Ketua,
Sekretaris
|
3.
|
25
Januari 2014
|
Persiapan
dan proses pembuatan anggaran dan administrasi sekolah
|
Ketua,
Sekretaris, bendahara
|
4.
|
Januari 2014
|
Ø Pembagian jadwal Tes Pendalaman Materi 2013/2014
Ø Pembagian Jadwal Pengawas Tes Pendalaman Materi 2013/2014
|
|
5.
|
10-11
Februari 2014
|
Pelaksanaan Tes Pendalaman Materi Tingkat Kota Yogyakarta tahap I
|
Semua
panitia
|
6.
|
26-27 Februari 2014
|
Pelaksanaan Tes Pendalaman Materi BKS Muhammadiyah DIY
|
Semua
panitia
|
7.
|
12-13 Maret 2014
|
Pelaksanaan Tes Pendalaman Materi MKKS DIY
|
Semua panitia
|
8.
|
7-8 April 2014
|
Pelaksanaan Tes Pendalaman Materi tingkat Dinas Pendidikan Pemuda
dan Olah Raga
|
Semua panitia
|
9.
|
12-16 April 2014
|
Pelaksanaan Tes Pendalaman Materi tingkat Kota Yogyakarta tahap
II
|
Semua panitia
|
10.
|
17 April 2014
|
Pembagian hasil TPM
|
Semua panitia
|
11.
|
19-22 April 2014
|
Penyusunan laporan hasil TPM
|
Sekretaris TPM
|
D.
Peserta
Daftar peserta Tes Pendalaman Materi tahun pelajaran 2013/2014
sebanyak 62 peserta didik. Daftar peserta dengan rincian siswa putra sebanyak 45,
dan siswa putri sebanyak 17 siswa. Daftar peserta lengkap terlampir
E.
Rencana Anggaran
Rencana
anggaran Tes Pendalaman Materi tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak Rp.
8.964.600,00. Dengan rincian rencana anggaran Tes Pendalaman Materi terlampir
BAB
III
HASIL
PELAKSANAAN
A. Waktu
dan Tempat
1. Waktu
Penyelenggaraan Tes Pendalaman Materi
tahun pelajaran 2013/2014 dilaksanakan lima kali putaran yaitu dengan jadwal sebagai
berikut:
a) Tes
Pendalaman Materi tingkat Kota Yogyakarta tahap I (Senin-Selasa, tanggal 10-11
Februari 2014)
b) Tes
Pendalaman Materi tingkat BKS Muhammadiyah DIY (Rabu-Kamis, tanggal 26-27
Februari 2014)
c) Tes
Pendalaman Materi tingkat MKKS DIY (Rabu-Kamis, tanggal 12-13 Maret 2014)
d) Tes
Pendalaman Materi tingkat Dinas Pendidikan dan Olah Raga DIY (Senin-Selasa,
tanggal 7-8 April 2014)
e) Tes
Pendalaman Materi tingkat Kota Yogyakarta tahap II (Sabtu-Rabu, tanggal 12-16
April 2014)
2. Tempat
Tes
Pendalaman Materi dilaksanakan di gedung SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta
beralamat di Jalan Sagan GK V/ 1046 Yogyakarta (Kompleks Masjid Jami’ Sagan),
Terban, Gondokusuman, Yogyakarta 55223. Telepon (0274) 560412 e-mail: muhdasa@yahoo.com website muhdasajogja.sch.id. Ruang yang
digunakan ada empat ruang yaitu Ruang 1 bertempat di kelas 7A berjumlah dua
puluh peserta, ruang 2 di kelas 7B berjumlah dua puluh peserta, ruang 3 di
kelas 7C berjumlah sepuluh peserta, ruang 4 di kelas 8A berjumlah dua belas
peserta.
B. Proses
Pelaksanaan dan Hasil Tes Pendalaman Materi
Pelaksanaan
Tes Pendalaman Materi dimulai pukul 07.30 sampai dengan 12.00 WIB. Setiap satu
hari dilaksanakan dua mata pelajaran dalam empat tahap tes pendalaman materi.
Dan satu hari satu mata pelajaran di tahap terakhir pelaksanaan tes pendalaman
materi.
Dalam
TPM tingkat kota Yogyakarta tahap I, siswa yang mengikuti TPM sebanyak 62 . Adapun hasil Tes Pendalaman Materi adalah
Mata
Pelajaran
|
Rata-Rata
|
||||
B.Indo
|
MTK
|
B.Ingg
|
IPA
|
||
Nilai Rata-rata
|
6,39
|
2,94
|
3,71
|
3,69
|
4,19
|
Nilai Terendah
|
4,00
|
1,50
|
1,60
|
2,00
|
2,93
|
Nilai Tertinggi
|
8,20
|
5,50
|
5,80
|
6,00
|
5,83
|
Dalam TPM BKS Muhammadiyah Propinsi
DIY, siswa yang mengikuti TPM sebanyak 60 . Adapun hasil Tes pendalaman materinya adalah:
Mata
Pelajaran
|
Rata-Rata
|
||||
B.Indo
|
MTK
|
B.Ingg
|
IPA
|
||
Nilai Rata-rata
|
5,85
|
3,40
|
4,37
|
3,89
|
4,30
|
Nilai Terendah
|
2,80
|
1,7
5
|
1,40
|
1,75
|
1,14
|
Nilai Tertinggi
|
8,20
|
7,25
|
6,80
|
6,25
|
6,71
|
Dalam TPM (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah)
MKKS SMP DIY, siswa yang mengikuti TPM sebanyak 61 . Adapun hasil tes pendalaman materinya adalah:
Mata
Pelajaran
|
Rata-Rata
|
||||
B.Indo
|
MTK
|
B.Ingg
|
IPA
|
||
Nilai Rata-rata
|
6,34
|
3,14
|
4,32
|
3,80
|
4,37
|
Nilai Terendah
|
3,80
|
1,50
|
1,80
|
1,50
|
1,75
|
Nilai Tertinggi
|
8,80
|
7,75
|
7,40
|
6,75
|
6,88
|
Dalam TPM tingkat Dinas Pendidikan
Pemuda dan Olah Raga DIY, siswa yang
mengikuti TPM sebanyak 58 . Adapun
hasil tes pendalaman materinya adalah:
Mata
Pelajaran
|
Rata-Rata
|
||||
B.Indo
|
MTK
|
B.Ingg
|
IPA
|
||
Nilai Rata-rata
|
6,06
|
3,52
|
4,38
|
4,03
|
4,38
|
Nilai Terendah
|
2,60
|
1,25
|
2,20
|
2,00
|
2,01
|
Nilai Tertinggi
|
8,20
|
6,00
|
7,80
|
7,25
|
6,76
|
Dalam TPM tingkat kota Yogyakarta
tahap II, siswa yang mengikuti TPM sebanyak 60 . Adapun hasil tes pendalaman materinya adalah:
Mata
Pelajaran
|
Rata-Rata
|
||||
B.Indo
|
MTK
|
B.Ingg
|
IPA
|
||
Nilai Rata-rata
|
5,32
|
3,78
|
4,03
|
3,84
|
4,23
|
Nilai Terendah
|
3,20
|
1,00
|
1,60
|
2,00
|
2,88
|
Nilai Tertinggi
|
7,80
|
7,00
|
6,60
|
7,75
|
6,54
|
Hasil
lengkap nilai Tes Pendalaman Materi 1, 2, 3, 4, dan 5 terlampir.
C. Pelaksanaan
Anggaran
Anggaran yang dipakai dalam
pelaksanaan Tes Pendalaman Materi tahun pelajaran 2013/2014 ini diambilkan dari
dana siswa/sekolah. Dana yang dikeluarkan sejumlah Rp. 7.834.600,00. Adapun
rincian dana yang digunakan terlampir dalam lampiran laporan ini.
BAB
IV
PENUTUP
A. Kesimpulan
Secara Umum
Pelaksanaan kegiatan Tes Pendalaman Materi (TPM) tahun pelajaran 2013/2014
dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan rencana dengan jumlah
peserta enam puluh dua (62) peserta didik. Tes Pendalaman Materi
diselenggarakan untuk mengevaluasi hasil prestasi belajar siswa selama menempuh
belajar di sekolah. Pelaksanaan TPM perlu memperhatikan bahwa pengawas dan peserta didik harus memperhatikan tata tertib
yang berlaku selama pelaksanaan TPM, sehingga TPM akan terselenggara akan lebih baik lagi dari TPM sebelumnya.
B. Saran
Dari
pelaksanaan TPM diberi beberapa saran yaitu:
1.
Setiap manusia hendaknya selalu memegang
prinsip kerjasama, baik antara sesama panitia maupun panitia dengan pihak
sekolah sehingga, pelaksanaan Tes Pendalaman Materi tahun pelajaran 2013/2014 selanjutnya atau kedepannya terleksana
dengan lebih baik lagi
2.
Setiap panitia seharusnya mengetahui
deskripsi tugas masing-masing bagian sehingga dapat melaksanakan tanggung jawab
dengan baik
3.
Siswa kelas IX perlu meningkatkan prestasi belajarnya,
sehingga nilai yang diperoleh dapat maksimal
4.
Peran bapak/ibu guru dan orang tua dalam
memotivasi siswa kelas IX sangat dibutuhkan dalam menghadapi Ujian Nasional
Tahun Pelajaran 2013/2014.
Demikian
laporan pelaksanaan Tes Pendalaman Materi ini disampaikan. Sebagai rasa
tanggung jawab panitia kepada sekolah atas terselenggaranya kegiatan.
Yogyakarta,
24 April
Ketua
Panitia,
Giri
Widodo Setyo Bawono, S.Pd.
NBM.
1134433
|
No comments:
Post a Comment